Beberapa sebab kerusakan motor listrik
Beberapa sebab kerusakan motor listrik
Posted on November 21, 2008Filed Under Motor listrik |
Kerusakan motor kebanyakan disebabkan oleh al 5 factor :
. panas,
· kotor,
· lembab,
· vibrasi.
· Kwalitas supply listrik
Dengan fokus pada faktor tsb. dapatlah di eliminir : jumlah kerusakan, kerugian, ongkos maintenance.
Dibagi menurut asal sebab kerusakan :
· kerusakan dari luar motor : kwalitas masukan tenaga listrik, misalignment, kondisi lingkugan panas/lembab/tidak ada ventilasi, kondisi beban
· kerusan dari dalam motor : aging/penuaan, degradasi.
Atau
· Kerusakan karena listrik :
· Kerusakan mekanis.
Panas /over-heating:Penyebab terbesar kerusakan motor sehingga motor tidak dapat mencapai umur pakai yang seharusnya ialah “over-heating atau panas berlebihan”, Setiap mengalami Kenaikan temperature 10 derajat, dari temperature normalnya, berakibat memotong umur motor 50% , meskipun kenaikan terjadi hanya sementara.
Sebab over-heating al:· Memilih motor terlalu kecil, sehingga motor harus menderita over-current, berarti kondisi operasinya lebih panas. Tetapi jika memilh motor terlalu besar berakibat pemakaian listrik tidak efisien berarti pemborosan.
· Sistem starting, kebanyakan motor dipasang dengan “direct starting” . sistem ini menimbulkan arus Starting-current terlampau besar (5 kali lebih), sehingga menimbulkan panas yang besar, lebih2 jika sering start-stop. Untuk itu perlu dipasang sistem start al: star-delta, fluid-couplig, pengubah-frequensi, dll
· Start-stop terlalu sering tanpa memperhartikan jedah antar waktu start sangat menimbulkan kerusakan. (lihat tabel minmum jedah waktu)
· Environment - ambient temperature tinggi,, mengakibatkan operating temperture motor lebih tinggi dari seharusnya.
· Ventilasi ruang kurang bagus menimbulkan symtem pendinginan motor tidak baik. Mengakibatkan operating temperature motor naik.
· Kondisi motor: fan rusak, body motor kotor, saluran pendingin buntu/kotor dll. Mengganggu penginan.
· Kondisi beban : kopling misaligment, beban terlalu besar, beban tidak normal,
Kotor
Debu / Kotoran yg terakumulasi akan merusak komponen listrk maupun mekanical. Umumnya terakumulasi pada permukaan badan motor , saluran pendinginan, fin, fan mengakibatkan pendinginan terganngu dan panasan motor berlebih. Motor type ODP , kotoran debu masuk dan terkumpul kedalam winding menimbulkan kerusakan isolasi / winding.
Moisture / lembab
Lembab atau embun juga merusak komponen listrik dan mekanikal, yang mengakibatkan pengkaratan pada poros, bearing, rotor, stator, laminasi. Jika penetrasi ke isolasi mengkaibatkan degradasi isolasi dan rusak.
VibrasiVibrasi merupakan indikasi bahwa kondisi motor sedang mengalami masalah. Besar Vibrasi yang melebih harga yang diijinkan dapat menyebabka kerusakan yang lebih parah. Sumber vibrasi dpat dari motor atau dari mesin yang digerakan (load) bahkan mungki juga dari kedua2nya.
Sebab vibrasi a.l dari kondisi :
· Misalignment motor terhadap load (mesin yang digerakan),
· Kendor pada fondasi nya Motor atau load
· Kondisi Soft-foot pada fondasi nya Motor atau load
· Rotor unbalance ( Motor atau load)
· Bearing aus atau rusak, meyebabkan poros berputar tidak sentris.
· Akumulasi karat atau kotoran pada komponen putar (rotor)
· Sewaktu memasang rotor/bearing motor sehabis overhaul/rewinding tidak aligment.
Kwalitas Listrik Kwalitas suply tenaga sangat menentukan umur motor listrik, hal2 yang harus dihindari. al:
· Voltage sering naik -turun melebihi harga toleransi, under/over voltage dapat menimbulakan overheating didalam winding, berakibat umur motor menjadi pendek.
· Voltage spike akibat power swicthing atau serangan halilintar (lightning strikes) juga menyebabkan kerusakan isolasi winding.
· Voltage 3 phase tidak balance melebihi harga toleransi, sering terjadi sebagai sebab kerusakan winding.
Beberapa sebab lain al:· Pemilihan pelumas harus sesuai specifikasi, penggantian/penambahan dilakukan dan terjadwal dengan baik.
· Pemilihan dan pemeliharaan kopling sama pentingnya dengan komponen lain.
· Seting bearing dan komponen lain harus sesuai dengan standard.
Setelah kita mengetahui beberapa sebab kerusakan, kita dapat merencanakan program pemeliharaan dan langkah pelaksanaan yang sesuai.
Comments
80 Responses to “Beberapa sebab kerusakan motor listrik”
Jwab: yaitu arus (beban)maksimal yg boleh mengalir scr terus menrus. tertera di nameplate.
RMS (root-mean-square) adalah sebutan yang sering dipakai (most commonly used) untuk nilai efektif AC. Nilai efektif AC adalah sejumlah power AC yang menghasilkan efek pemanasan yang sama dengan sejumlah power DC. Jadi nilai RMS adalah menyamakan AC ke DC equivalents.
Nilai AC dirumuskan sbb:
Average value = peak value x 0.637
Effective value (RMS) = peak value x 0.707 Peak value = average value x 1.57 Effective value (RMS) = average value x 1.11 Peak value = effective value (RMS) x 1.414 Average value = effective (RMS) x 0.9
Menaikan setting RMS berarti mengijinkan mesin (motor) untuk running dengan beban yang lebih besar.
atas perhatian dan bantuannya diucapkan banyak terima kasih.
Trims
apakah sdh dicek conection-nya sdh betul,apakah tegangan diujung sudh sesuai volt-nya dgn motor 380V, cek fuse atau overload relay,stator winding-open-short or ground,cek beban-macet-tdk bisaputar-terlampau besar.
Pak saya mau tanya tentang motor 3 fase…
ada gak ya alat yg untuk menaikkan putaran motor 3 fase yg bisa diset variable.thank’s sebelumnya….
jAWAB:
dgn alat pengubah frequensi/inverter kita dapat megatur speed
saya mempunyai problem waktu pengetesan motor 3 phase dengan daya 18,5kw arus saat posisi star terlalu tinggi (76A)dan terlalu lama turunnya hingga saat penggantian ke delta mencapai awalan(90A)tetapi cepat turunnya mencapai normal. timer yg saya setting sampai 60detik. saya takut motor akan cepat rusak. lalu apa yang menjadi permasalahannya,pak? terima kasih sebelumnya.
Jawab:
kalau kita tahu KW & Voltage motor, kita bisa hitung Ampere dan bisa hitung R=tahanan. sedangkan arus beban itu tergantung beban yg diangkat. sedang dari motor dari test pabrik sudah dicantumkan arus tanpa beban dan arus dgn beban dan ini menjadi batasan beban.
saya ingin bertanya hal dasar tentang motor listrik,
bila ada motor dengan name plate:
star/delta:660v/380v 11kw, pertanyaan saya adalah:
1.apakah motor tersebut aman untuk dijalankan secara star secara terus menerus dengan supply power 380v, untuk diketahui motor ini adalah motor penggerak baling2 pada cooling tower.
2.kemudian apakah tidak lebih baik motor ini dijalankan secara hub delta agar torsi bisa maksimum mengingat tegangan supply 380v
3.bisakah bapak membantu saya untuk menunjukan rumus matematisnya yang menunjukan bahwa besar arus bila motor dihub star lebih kecil daripada arus bila motor dihubung delta untuk spek motor diatas.
atas bantuan bapak saya ucapkan banyak terima kasih.
1.spec660v/380v artinya 660v=star & 380v=delta.
2.utk menghasilkan torque sesuai spec,mk betul supply 380 di hub delta.
3.I phase delta= 380v:R(phase)
I phase star = (660v:V3):R(phase)
4.agarjelasbuatsket kumparan phase&volt,I sama
Jawab: saya kurang jelas yg dimaksud. tapi yg sy tahu hydran itu system pemadam kebkran. yaitu instalasi pipa lengkap dengan valve dgn conecti slang pemadam, yg ditempatkan scr strategis yg siap ( didalamnya selalu tersambung dgn system pompanya)
Jawab: pompa kecil jalan terus utk menjaga isi dan tekanan selama tidak dipakai utk memadamkan. saat ada pemadaman pompa besar tentu pompa besar jalan karena perlu flow besar.
nama saya kurniawan bekerja di itc surabaya. Mungkin saya bisa bantu pak, untuk mas anjar. Cara kerja dari sistem pemadaman gedung.
Pompa pemadam pada Gedung biasa ada 3 unit yaitu:
1. pompa jockey yaitu pompa yang kecil.tugasnya yaitu menjaga tekanan air pada pipa hidrant atau sprinkle (biasa tekanannya 8 kg), bila tekanan air menurun sampai pada tekanan yang diinginkan (biasa 6 kg) karena sprinkle pecah atau hidrant dibuka maka pompa jockey bekerja menaikkan tekanan air dalam pipa tersebut.
2. pompa utama atau main pump yaitu elektrik pump yang besar.tugasnya bila tekanan air terus turun karena sebab diatas sampai tekanan tertentu (biasa 4 kg) maka main pump bekerja menekan air. ada dua macam cara pompa bekerja pompa mati disebabkan tekanan telah tercapai atau pompa mati dimatikan secara manual. Biasa yang dipakai cara kedua yaitu mati secara manual karena diperkirakan main pump bekerja disebabkan kebakaran besar oleh sebab itu pompa tidak akan mati bila tak dimatikan.
3. disel pump yaitu pompa yang digerakkan disel engine. tugasnya pompa akan hidup otomatis bila tekanan terus turun (biasa 2 kg) contoh akibat kebakaran besar.atau pompa bekerja bila listrik mati.ada dua macam cara pompa bekerja pompa mati disebabkan tekanan telah tercapai atau pompa mati dimatikan secara manual. Biasa yang dipakai cara kedua yaitu mati secara manual karena diperkirakan main pump bekerja disebabkan kebakaran besar oleh sebab itu pompa tidak akan mati bila tak dimatikan.
Demikian semoga bermanfaat
ada tambahan lagi mungkin ada yang bisa bantu
saya punya motor listrik yang dikendalikan dengan inverter. pada saat acceleration/ percepatan dan decceleration /perlambatan. motor bergetar seperti mendorong beban atau menahan beban berat. pada saat motor sudah berputar motor berputar dengan halus.padahal data motor yang diinput ke inverter sudah benar.
mohon bantuan pencerahan.
salam kurniawan
email : kurniawanmadina@yahoo.co.id
salam kurniawan
Syach
mohon jawabannya dan penjelasannya.
terimakasih.
Jawab: dengan rumus listrik bisa dihitung berapa keuntungan listrik bisa dihemat dan berapa harga tambahan utk star delta. bandingkan.
Jawab: untungnya arus start lebih kecil, jika di akumulativekan bisa menghemat. coba dihitumng2 secara matematis, ruginya ada sedikit tambahan invest.
dan cara penanganannya?
terima kasi.
jawab:
ukur dgn tangampere, bandingkan dgn yg tertulis di nameplate. juga apa ada kemungkinan penyebab lain.
Wah semoga tetap sehat selalu. Mau tanya nih Pak, dan sharing. Dalam pengalaman bapak adakah vibrasi motor karena pengaruh harmnonisa listrik - salah satu gangguan di kualitas tenaga listrik.
Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. regards,
Jawab: betul banget kwalitas kualitas supply listrik (al harmonisa) juga merupakan penyebab vibrasi.
Yang mau saya tanya, bagaimana karakteristik vibrasi karena harmonisa, seperti mm/s. Apakah biasanya vibrasi karena harmonisa ini diketahui pada akhir2 solusi (karena root cause dari pompa dan drivernya gak ada masalah)
Pendapat saya adalah sangat jarang sekali power quality analyzer di plant. Mohon petunjuk dan sharing nya.
Sugeng ndalu Pak Soemarno. Pareenngg
Jawab:
maaf, tentu ada; belum sempat menulis, karena cukup panjang. rumus2 yg dipakai al R ,I ,V ,W, tahanan jenis kawat, penampang kawat, jumlah slot, luasan slot.
Jawab:
coba di baca di tulisan “test motor listrik” nanti kalau kurang jelas bisa tanya lagi.
Jawab:
Dalam artikel sudah disebutkan sebab2, maka solfingnya dengan mengatasi/mnecegah/meniliniate.
Jawab: maaf ini motor listrik, motor bensin atau mesin diesel?
Jawab: Maaf saya belum tahu MF 440
Jawab: yang paling pas adalah baca buku manual atau tanya ke pabriknya. sebagai pedoman alat listrik jika dipasang di voltage > maka arus >, jadi mungkin bissa terbakar.
Jawab: lkalau dihitung jangka panjang, listrik lebih hemat beli motor satu fase..
Jawab: tanpa beban plingtdk dinyatakan dgn Io (I nol) juga dii name plate.
1.Bahayakah kondisi mtr tersebut kalau dijlnkan tanpa Softstart.
2.Kalau bisa dijalankan scr langsung pengamanapa yg perlu saya pasang ( berapa setting amannya ACB / OL treima kasih.
Jawab: softstarting utk usahakan arus start kecil, jika direct arus mula besar (5-7kali I normal) jika yg digerakan blower tdk terlalu masalah. tidak bahaya. mungkin mengganggu alat listrik lain. saat start ada voltage droop sebentar atau breaker trip. tenggang waktu start dgn start hrus ada waktu cukup utk dinginkan winding (lihat articel di web ini)
Trimakasih..
jawab: bisa dgn alat vibrasi. kalau nggak ada bisa dgn suara, bunyi, getarannya, dan panasnya dll.
jawab:
shrusnya ke pembuat mesin, coba ke internet. nama pembuat, mesin apa,type mesin/specifikasi
jawab:
motor jalan tanpa beban itu tidak masalh. yg berasap itu sebelah mana? bearing atau winding?
jawab; jika bearing sdh dipastikan. mungkin hanya pengaruh magnit rotor & stator. is ok
Jawab:
trip krn overload. ukur ampere beban (bandingkan dgn ampre nameplate) sebab: electric,( R isolasi rendah,under capasity,seting reley terlalu rendah), mekanis.(bearing,beban over, rotor mesin yg digerakan seret dll). jika kurang jelas, berikan data/indikasi yg detail.
jawab:
Mas sebaiknya sebelum membongkar, dihtung dulu berapa peralur, berapa besar kawat, maaf tdk bisa menjawab karena panjang dan data kurang.
Jawab:
Listrik mati ya motor berhenti, gak apa2. yang bisa merusak jika tegangn/voltage sering naik-turun.
Jawab:
beban kosong=no load current, dpt dilihat di name plate motor. (kira2 1/5 dari full load current). dan arus start kira2 5x full load current.
Jawab:
sebaiknya beda antar fase sekecil mungkin terutama saat full load (seperti yg di tulisan di blok),
rotor unbalance/bend,bearing,coupling, pipe strain, alignment dll. data bagus diatas sepertinya cold alignment. jika pompa runing kondisi berubah karena panas, kondisi menjadi misalignment. apakah pernah diukur temperatur setelah running? utk memahami lebih dalam perlu baca buku alignment.
jawab:
penyebab motor terbakar banyak sekali, tetapi dari crita itu mungkin disebabkan oleh lose conection, sambungan terminal ke kabel tidak sempurna (atau semacam itu). jika atar fase masih baik terminal bisa diperbaiki, mungkin motor bisa normal.
Jawab: kalau saya melihat langsung mungkin bisa memberi jwaban yg agak tepat, coba ;
1 apakah kondisi mesin yg digerakan normal atau ada kerusakan. atau beban naik/utrun
2.apakah kopling tersambung dgn baik (axial clearence, alignment, dll) atau kopling rusak.
3.apakah kindisi motor itu juga baik.
Jawab:
sebetulnya jika ingin dari dasar, ya membaca/ mencari/membeli buku2 teknik cari yg mudah dimengerti , pilih bhasa Inggris atau Indonesia, buku2 STM atau yg perti itu di toko2 buku.
Jawab: Maaf ya kok gak ngerti maksud pertanyaanya.
Jawab:saya tidak tahu persis masalah mtr tsb, tapi putaran motor induksi itu ditentukan oleh jumlah kutub.
Jawab:
biasanya adatertulis di nameplate atau data sheet motor dan ada artikel di web ini adacontoh Data sheet. kira sbb: misal rated current 100 A, arus start bisa mencapai 5-7 kalinya, arus noload 1/5 kali.
jawab:
datasheet/nameplate ada I=130,3A, ada V=…? hub delta atau star, dpt dihitung R lilitan/phase. nah anda sdh tahu jawabanya.
jawab: motor 3 phase dgn konstruksi kompak/kecil daya 3x motor 1 phase, makanya motor 1 phase hanya utk yg kecil2 kw atau hp
jawab: saya tdk bisa jawab secara tepat, karena tdk tahu persis crane nya. mungkin seting magnetic perlu di ajust.
jawab: motor besar bisa diatur start star/delta utk memperkecil arus. dan yg kecil dianggap tdk perlu.
Jawab: Motor AC memerlukan arus/listrik AC (mis dari PLN), motor DC memerlukan arus DC/searah (misal batery, gen DC)