Cara settings thermostat kulkas

Dalam kesempatan kali ini, saya akan bagikan tips mengganti thermostat pendingin dengan yang baru.

Mengganti thermostat pada lemari pendingin kulkas freezer ataupun showcase sebenarnya cukup mudah, tinggal copot termostat yang lama lalu ganti dengan yang baru.

Sebelum mengganti thermostat lemari pendingin sebaiknya Anda cek terlebih dahulu apakah kerusakan benar benar terjadi pada thermostat atau karena kerusakan disebabkan oleh kerusakan lainnya.

Thermostat berfungsi sebagai saklar otomatis atau sebagai ON / OFF arus listrik ke mesin compressor berdasarkan suhu yang diinginkan.

TANDA KERUSAKAN PADA THERMOSTAT KULKAS.
Kerusakan thermostat terjadi dengan ciri-ciri sebagai berikut :

LEMARI PENDINGIN TIDAK DINGIN
Lemari pendingin tidak mau dingin sama sekali disebabkan thermostat memutus arus listrik ke mesin compressor, hal ini terjadi pada saat thermostat on namun tidak dapat menghubungkan arus listrik.

TERLALU DINGIN HINGGA MENYEBABKAN TERLALU CEPAT PENUMPUKAN BUNGA ES PADA RUANG FREEZER
Kerusakan tersebut diatas akibat thermostat tidak dapat memutus arus listrik ke mesin compressor, akibatnya mesin compressor hidup terus menerus walaupun pada saat suhu yang ditetapkan tercapai.

LEMARI PENDINGIN KURANG DINGIN MAKSIMAL AKIBAT SUHU SEBELUM TERCAPAI ARUS LISTRIK TERPUTUS KE MESIN COMPRESSOR
Kerusakan pada thermostat karena suhu kurang maksimal disebabkan karena thermostat memutus aliran listrik ke mesin compressor.
Untuk kerusakan seperti ini bisa anda setting ulang thermostat tersebut.


CARA SETTING THERMOSTAT BARU / BEKAS
Cara setting pada thermostat baru dan bekas bisa Anda lakukan untuk masalah sebagai berikut ;

1. Suhu ruang kurang dingin karena thermostat sudah memutus arus listrik ke mesin compressor.

2. Mesin compressor selalu hidup walaupun pada ruang terutama freezer suhu sudah dingin / sesuai yang dikehendaki, tapi untuk kerusakan seperti ini kadang belum tentu bisa disetting setelan suhu tersebut karena bisa saja yang rusak karena cairan air raksa pada thermostat bocor.

LANGKAH SETTING THERMOSTAT KULKAS FREEZER SHOWCASE DAN LEMARI PENDINGIN LAINNYA
Untuk langkah setting thermostat dengan cara sebagai berikut ;


1. SETTING THERMOSTAT KURANG DINGIN
Melakukan setting thermostat lemari pendingin baru atau bekas sering dilakukan terutama pada waktu mengganti thermostat baru.

Pada saat membeli untuk mengganti thermostat lama yang rusak kemungkinan setelan suhu thermostat baru kurang pas / kurang dingin, thermostat akan memutus aliran listrik ke mesin compressor padahal suhu ruang belum tercapai walaupun setelan suhu sudah ke maksimal ( Cool ).

Untuk menambah lama hidup mesin compressor agar suhu ruang tercapai bisa Anda setel ulang thermostat pada baut setelan suhu dengan cara memutar berlawanan arah jarum jam sebanyak setengah putaran. Bila suhu ruang kurang dingin mesin compressor sudah mati karena aliran listrik putus di thermostat bisa Anda ulangi memutar baut setelan suhu ( baut range ) pada thermostat setengah lingkaran kebalikan arah jarum jam dan ulangi kembali sampai suhu tercapai sesuai yang diharapkan.

2. SETTING THERMOSTAT TIDAK MAU MEMUTUS ARUS LISTRIK KE MESIN COMPRESSOR
Untuk setting thermostat yang tidak mau memutus arus listrik ke compressor sehingga mesin compressor terlalu lama bekerja dan pada evaporator akan dengan cepat terjadi penumpukan bunga es bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini ;
Putar baut pengatur suhu ( baut range ) setengah lingkaran searah jarum jam, ulangi memutar baut range sebanyak setengah putaran sampai arus listrik ke mesin compressor memutus. Bila langkah ini tidak berhasil kemungkinan cairan air raksa yang berada didalam pipa blub bocor, ganti dengan thermostat yang baru.

3. SETTING THERMOSTAT UNTUK MENAMBAH ATAU MENGURANGI WAKTU COMPRESSOR MATI
Untuk menambah atau mengurangi lama mesin compressor mati dan hidup kembali agar memberi waktu gas freon refrigrant dalam keadaan tekanan seimbang, hal ini mesti dilakukan agar mesin compressor bekerja tidak terlalu berat pada start awal. Lama waktu jeda mesin compressor mati dan hidup kembali minimal sekitar 10 menit.

Cara setting menentukan jeda waktu dengan cara memutar baut setelan jeda waktu ( baut differential ) sebanyak setengah lingkaran dan coba.


Demikian cara setel settingan thermostat lemari pendingin yang mungkin dapat berguna untuk Anda yang belum mengerti tentang cara memasang thermostat baru atau setel thermostat lama. Namun yang perlu Anda ketahui, untuk cara setting thermostat tersebut tidak akan berfungsi dengan baik bila letak thermostat tidak sesuai pada tempatnya.

Comments

Popular posts from this blog

1 kva Berapa Amper ?

CARA MENENTUKAN AMPERE pada KOMPRESOR

CARA/SKEMA MENGGULUNG DINAMO POMPA AIR