Jumat, 24 Februari 2012

Beberapa sebab kerusakan motor listrik



Beberapa sebab kerusakan motor listrik

Posted on November 21, 2008
Filed Under Motor listrik |
Kerusakan motor kebanyakan disebabkan oleh al 5 factor :

. panas,
· kotor,
· lembab, 
· vibrasi.
· Kwalitas supply listrik
Dengan fokus pada faktor tsb. dapatlah di eliminir : jumlah kerusakan, kerugian, ongkos maintenance.
Dibagi menurut asal sebab kerusakan :
· kerusakan dari luar motor : kwalitas masukan tenaga listrik, misalignment, kondisi lingkugan panas/lembab/tidak ada ventilasi, kondisi beban
·  kerusan dari dalam motor :  aging/penuaan, degradasi.
Atau
· Kerusakan karena listrik :
· Kerusakan mekanis.
 Panas /over-heating:Penyebab terbesar kerusakan motor sehingga motor tidak dapat mencapai umur pakai yang seharusnya ialah “over-heating atau panas berlebihan”,  Setiap mengalami Kenaikan temperature 10 derajat, dari temperature normalnya, berakibat memotong umur motor 50% , meskipun kenaikan terjadi hanya sementara. 
Sebab over-heating al:· Memilih motor terlalu kecil, sehingga motor harus menderita over-current, berarti kondisi operasinya  lebih panas. Tetapi jika memilh motor terlalu besar berakibat pemakaian listrik tidak efisien berarti pemborosan.
· Sistem starting, kebanyakan motor dipasang dengan “direct starting” . sistem ini menimbulkan arus Starting-current terlampau besar (5 kali lebih), sehingga menimbulkan panas yang besar, lebih2 jika sering start-stop. Untuk itu perlu dipasang sistem start al: star-delta, fluid-couplig, pengubah-frequensi, dll
· Start-stop terlalu sering tanpa memperhartikan jedah antar waktu start sangat menimbulkan kerusakan. (lihat tabel minmum jedah waktu)
· Environment - ambient temperature tinggi,, mengakibatkan  operating temperture motor lebih tinggi dari seharusnya.
· Ventilasi ruang  kurang bagus menimbulkan symtem pendinginan motor tidak baik. Mengakibatkan operating temperature motor naik.
· Kondisi motor: fan rusak, body motor kotor, saluran pendingin buntu/kotor dll. Mengganggu penginan.
· Kondisi beban : kopling misaligment, beban terlalu besar, beban tidak normal,
Kotor 
Debu / Kotoran yg terakumulasi akan merusak komponen listrk maupun mekanical. Umumnya terakumulasi pada permukaan badan motor , saluran pendinginan, fin, fan mengakibatkan pendinginan  terganngu dan panasan motor berlebih. Motor type ODP , kotoran debu masuk dan terkumpul kedalam winding menimbulkan kerusakan isolasi / winding.
Moisture / lembab
Lembab atau embun juga merusak komponen listrik dan mekanikal, yang mengakibatkan pengkaratan pada poros, bearing, rotor, stator, laminasi. Jika penetrasi ke isolasi mengkaibatkan degradasi isolasi dan rusak.
VibrasiVibrasi merupakan indikasi bahwa kondisi motor sedang mengalami masalah. Besar Vibrasi yang melebih harga yang diijinkan dapat menyebabka kerusakan yang lebih parah. Sumber vibrasi dpat dari motor atau dari mesin yang digerakan (load) bahkan mungki juga dari kedua2nya.
Sebab vibrasi a.l dari kondisi :
· Misalignment motor terhadap load (mesin yang digerakan),
· Kendor pada fondasi nya Motor atau load
· Kondisi Soft-foot pada fondasi nya Motor atau load
· Rotor unbalance ( Motor atau load)
· Bearing aus atau rusak, meyebabkan poros berputar tidak sentris.
· Akumulasi karat atau kotoran pada komponen putar (rotor)
· Sewaktu memasang rotor/bearing motor sehabis overhaul/rewinding tidak aligment.
 Kwalitas Listrik Kwalitas suply tenaga sangat menentukan umur motor listrik, hal2 yang harus dihindari. al:
· Voltage  sering naik -turun melebihi harga toleransi, under/over voltage dapat menimbulakan overheating didalam winding, berakibat umur motor menjadi pendek.
· Voltage spike akibat power swicthing atau serangan halilintar (lightning strikes) juga menyebabkan kerusakan isolasi winding.
· Voltage 3 phase tidak balance melebihi harga toleransi, sering terjadi sebagai  sebab kerusakan winding.
Beberapa sebab lain al:· Pemilihan pelumas harus sesuai specifikasi, penggantian/penambahan dilakukan dan terjadwal dengan baik.
· Pemilihan dan pemeliharaan kopling sama pentingnya dengan komponen lain.
· Seting bearing dan komponen lain harus sesuai dengan standard.
Setelah kita mengetahui beberapa sebab kerusakan, kita dapat merencanakan program pemeliharaan dan langkah pelaksanaan yang sesuai.

Comments

80 Responses to “Beberapa sebab kerusakan motor listrik”
  1. mardiyan on November 22nd, 2008 1:30 am
    Pak,rate current itu maksudnya apa ya?
    Jwab: yaitu arus (beban)maksimal yg boleh mengalir scr terus menrus. tertera di nameplate.
  2. maufiq on December 6th, 2008 5:50 am
    salam kenal pak.wah pak artikel bapak menarik sekali buat aq yang masih pemula di dunia kelistrikan.pak bisa tolong jelasin tentang pemilihan motor listrik pak untuk driver konveyor misalnya.
  3. Nazliza Yasmin on December 7th, 2008 9:28 am
    Salam kenal pak, saya mengalami masalah motor jet pump,capasitor diganti kebih besar nilainya dr ukuran standar,pada jetpump kata tukang servisnya ada komponen pelindung motor yg katanya kalau motor panas nanti alat itu memutus arus,yg terjadi pak baru dihidupkan beberapa menit mesin mati,penyebabnya alat tadi atau capasitor terlalu besar pak mohon petunjuknya…salam
  4. dwihono on December 9th, 2008 8:05 am
    Pak kalo kontaktor untuk motor 4 KW itu per linenya mampu berapa ampere ?? saya mau gunakan kontaktor untuk heater, tetapi bingung memilihnya ? bisa bantu ??
  5. soemarno on December 10th, 2008 12:24 am
    P Dwi.Saya tidak dapat menjawab secara tepat. coba lihat tulisan2 di kontaktor, tentunya ada tulisan2 informasi berapa ampere. saat memasang motor 4 kW apakah pemasang juga memilih kontaktor yang tepat? juga berapa kapasitas/watt nya heater? anda dapat menghitung sendiri dengan cara sederhana.
  6. dwihono on December 10th, 2008 1:57 am
    Itu yang buat saya bingung pak, di kontaktor tertulis misalnya 40 amper, apakah itu pengertiannya masing - masing kontak dari kontaktor itu mampu 40 amper ?? ataukah ketiga-tiganya 40 amper (berarti 1 line nya hanya sekitar 13 amper)? pak bapak sering menggunakan PLC dan HMI ??
  7. soemarno on December 10th, 2008 4:50 am
    P N.Yasmin Saya kurang tahu persis apa yang dipasang tk service. Tapi sedikit ulasan:Motor 1phase itu biasanya dipasang capasitor hanya utk start. Sedang alat pengaman itu mungkin berupa bemetal yang jika panas dia berfungsi memutus arus. bisa jadi alat pemutus terlalu kecil atau ada gangguan di motor atau pompa sehingga arus yang mengalir lebih besar dari sebelunya. Apakah alat proteksi itu baru dipasang oleh tukang service?
  8. soemarno on December 10th, 2008 6:07 am
    PDwi.Artinya setiap terminal/kontaktor itu dpt dialiri 40Ampere.Motor saat start, arusnya bisa 6x lebih arus full load.
  9. soemarno on December 10th, 2008 6:15 am
    P Maufig. Penggerak motor untuk konveyor umumnya saat ini memilih motor induksi.agar startingnya dapat lembut/pelan perlu memakai kopling jenis fluid.
  10. umam on December 15th, 2008 6:02 am
    Salam kenal…Saya kerja di power turbin,ada masalah mengenai metering motor di kontrol dengan menggunakan RMS (root means square)setting arus.Mengenai RMS itu apa?Kalo RMS settingan diperbesar pengaruh terhadap motor apa? Terima kasih…
  11. soemarno on December 17th, 2008 4:06 am
    P Umam, jawaban dari rekan P.Alwi
    RMS (root-mean-square) adalah sebutan yang sering dipakai (most commonly used) untuk nilai efektif AC. Nilai efektif AC adalah sejumlah power AC yang menghasilkan efek pemanasan yang sama dengan sejumlah power DC. Jadi nilai RMS adalah menyamakan AC ke DC equivalents.
    Nilai AC dirumuskan sbb:
    Average value = peak value x 0.637
    Effective value (RMS) = peak value x 0.707 Peak value = average value x 1.57 Effective value (RMS) = average value x 1.11 Peak value = effective value (RMS) x 1.414 Average value = effective (RMS) x 0.9
    Menaikan setting RMS berarti mengijinkan mesin (motor) untuk running dengan beban yang lebih besar.
  12. danang on December 20th, 2008 5:31 am
    salam kenal pak. Artikelnya sangat bagus. pak marno, saya mau bertanya soal batasan vibrasi (dalam mm/s)dari motor 3 phase.
  13. soemarno on December 23rd, 2008 7:45 am
    P Danang.Jika di-asumsikan bahwa motor 3 phase tsb 15 - 500 kw , maka menurut ISO 2372 nilai good vibration dibawah 1.2 mm/s rms, sedangkan nilai tidak layak running (unpermissible) adalah diatas 7.1 mm/s rms. Antara dua nilai tersebut adalah tolerable.(jawaban kontribusi P.W.Amral)
  14. umam on December 23rd, 2008 9:13 am
    Salam Pa..Terima kasih atas jawabannya,sangat membantu saya yang masih pemula dibidang listrik,Melanjutkan pertanyaan kemarin, di control tertera nilai (RMS current 65,-100,30,26),nilai-nilai tersebut menujukkan nilai apa?Terima kasih banyak Pa…
  15. maryono on April 2nd, 2009 3:53 am
    Salam Pa.. bisa saya minta bantuannya untuk merangkai contactor pada motor 3 phase, yang apabila tidak ada 1 phase maka contactor tersebut akan trip atau motor 3 phase tersebut langsung mati
    atas perhatian dan bantuannya diucapkan banyak terima kasih.
  16. CATUR BOWO on May 1st, 2009 4:23 am
    Pak, apabila sebuah panel kapasitor bank rusak, biasanya apa yg rusak, bagaimana langkah2 pengecekannya, dan bagaimana cara menentukan besarnya nilai kapasitor yg di butuhkan,misalanya sbh panel kapasitor 120kvar.
    Trims
  17. siswanto on May 3rd, 2009 1:38 pm
    salam kenal pak, saya mempunyai problem, saya mengganti kabel motor cooling water,mereknya TATUNG,3phase, 380V. setelah diganti,motor tidak mau start , saya ukur voltasenya di terminal motornya tegangannya ada. Kira2 kerusakannya dan peyebabnya apa ya pak? matur nuwun sebelumnya.
  18. soemarno on May 5th, 2009 6:48 am
    P Siswanto
    apakah sdh dicek conection-nya sdh betul,apakah tegangan diujung sudh sesuai volt-nya dgn motor 380V, cek fuse atau overload relay,stator winding-open-short or ground,cek beban-macet-tdk bisaputar-terlampau besar.
  19. Taufik on May 25th, 2009 2:24 pm
    salam knl, super buat bapak . pak untuk vibrasi pada motor adakah standarisasinya (kalau ada Brp) dan dengan alat apa tuk pengetesannya. mohon di jawab, terimakasih pak
  20. Saibun on June 5th, 2009 7:48 am
    Salam pak..saya mau tanya cara perhitungan untuk beban motor dc it gimana pak.dimana motor berkapasitas 360kw.trimakasih
  21. Jaya on June 10th, 2009 4:28 am
    Salam kenal Pak Soemarno
    Pak saya mau tanya tentang motor 3 fase…
    ada gak ya alat yg untuk menaikkan putaran motor 3 fase yg bisa diset variable.thank’s sebelumnya….
    jAWAB:
    dgn alat pengubah frequensi/inverter kita dapat megatur speed
  22. yonas on June 21st, 2009 6:45 am
    Salam kenal Pak Sumarno,
    saya mempunyai problem waktu pengetesan motor 3 phase dengan daya 18,5kw arus saat posisi star terlalu tinggi (76A)dan terlalu lama turunnya hingga saat penggantian ke delta mencapai awalan(90A)tetapi cepat turunnya mencapai normal. timer yg saya setting sampai 60detik. saya takut motor akan cepat rusak. lalu apa yang menjadi permasalahannya,pak? terima kasih sebelumnya.
  23. soemarno on June 25th, 2009 12:11 am
    PYonas. arus start utk direct line itu bisa mencapai 5-6 kali I.normal. berapa I di name plate? kalau sdh dgn star/delta itu sdh memperkecil I start
  24. vivi on July 6th, 2009 3:35 am
    saya mau tanya ni pak. gimana ya cara menghitung lamanya arus start motor induksi sebelum mencapai normal??saya lagi susun TA yang berkaitan dengan starting motor induksi. mohon bantuannya ya pak
  25. soemarno on July 7th, 2009 2:42 am
    Vivi: secara teori belum menemukan cara mhitung.dlm test itu bisa tergambarkan curve arus versus time.
  26. bpk takeem on July 10th, 2009 2:08 pm
    salam knal pak, saya mau tanya ada gak list atau data ampere motor 3 phase. yang jadi standart.dari mulai test tanpa beban dan dengan beban.trima kasih banyak ya pak sebelumnya.
    Jawab:
    kalau kita tahu KW & Voltage motor, kita bisa hitung Ampere dan bisa hitung R=tahanan. sedangkan arus beban itu tergantung beban yg diangkat. sedang dari motor dari test pabrik sudah dicantumkan arus tanpa beban dan arus dgn beban dan ini menjadi batasan beban.
  27. bram hendarto on July 14th, 2009 4:12 am
    yang terhormat bapak soemarno,salam kenal pak!
    saya ingin bertanya hal dasar tentang motor listrik,
    bila ada motor dengan name plate:
    star/delta:660v/380v 11kw, pertanyaan saya adalah:
    1.apakah motor tersebut aman untuk dijalankan secara star secara terus menerus dengan supply power 380v, untuk diketahui motor ini adalah motor penggerak baling2 pada cooling tower.
    2.kemudian apakah tidak lebih baik motor ini dijalankan secara hub delta agar torsi bisa maksimum mengingat tegangan supply 380v
    3.bisakah bapak membantu saya untuk menunjukan rumus matematisnya yang menunjukan bahwa besar arus bila motor dihub star lebih kecil daripada arus bila motor dihubung delta untuk spek motor diatas.
    atas bantuan bapak saya ucapkan banyak terima kasih.
  28. soemarno on July 15th, 2009 1:37 am
    PBram.
    1.spec660v/380v artinya 660v=star & 380v=delta.
    2.utk menghasilkan torque sesuai spec,mk betul supply 380 di hub delta.
    3.I phase delta= 380v:R(phase)
    I phase star = (660v:V3):R(phase)
    4.agarjelasbuatsket kumparan phase&volt,I sama
  29. Anjar on August 23rd, 2009 3:42 pm
    Slm knl pak,saya mau tanya pak cara kerja hidran itu gmn ya pak?trimakasih atas jawabannya tlg dikrm di anjarx@gmail.com
    Jawab: saya kurang jelas yg dimaksud. tapi yg sy tahu hydran itu system pemadam kebkran. yaitu instalasi pipa lengkap dengan valve dgn conecti slang pemadam, yg ditempatkan scr strategis yg siap ( didalamnya selalu tersambung dgn system pompanya)
  30. anjar on August 28th, 2009 12:48 pm
    maksud’y untuk rangkaian elektriknya pak,kan pakai dua pompa pak, yg satu besar trus satu lg kecil pd saat valve dibuka yg kerja itu pompa besar atau kecil pak?mksh atas jwb-an nya ya pak!
    Jawab: pompa kecil jalan terus utk menjaga isi dan tekanan selama tidak dipakai utk memadamkan. saat ada pemadaman pompa besar tentu pompa besar jalan karena perlu flow besar.
  31. kurniawan on October 1st, 2009 12:43 pm
    Salam kenal pak soemarno
    nama saya kurniawan bekerja di itc surabaya. Mungkin saya bisa bantu pak, untuk mas anjar. Cara kerja dari sistem pemadaman gedung.
    Pompa pemadam pada Gedung biasa ada 3 unit yaitu:
    1. pompa jockey yaitu pompa yang kecil.tugasnya yaitu menjaga tekanan air pada pipa hidrant atau sprinkle (biasa tekanannya 8 kg), bila tekanan air menurun sampai pada tekanan yang diinginkan (biasa 6 kg) karena sprinkle pecah atau hidrant dibuka maka pompa jockey bekerja menaikkan tekanan air dalam pipa tersebut.
    2. pompa utama atau main pump yaitu elektrik pump yang besar.tugasnya bila tekanan air terus turun karena sebab diatas sampai tekanan tertentu (biasa 4 kg) maka main pump bekerja menekan air. ada dua macam cara pompa bekerja pompa mati disebabkan tekanan telah tercapai atau pompa mati dimatikan secara manual. Biasa yang dipakai cara kedua yaitu mati secara manual karena diperkirakan main pump bekerja disebabkan kebakaran besar oleh sebab itu pompa tidak akan mati bila tak dimatikan.
    3. disel pump yaitu pompa yang digerakkan disel engine. tugasnya pompa akan hidup otomatis bila tekanan terus turun (biasa 2 kg) contoh akibat kebakaran besar.atau pompa bekerja bila listrik mati.ada dua macam cara pompa bekerja pompa mati disebabkan tekanan telah tercapai atau pompa mati dimatikan secara manual. Biasa yang dipakai cara kedua yaitu mati secara manual karena diperkirakan main pump bekerja disebabkan kebakaran besar oleh sebab itu pompa tidak akan mati bila tak dimatikan.
    Demikian semoga bermanfaat
    ada tambahan lagi mungkin ada yang bisa bantu
    saya punya motor listrik yang dikendalikan dengan inverter. pada saat acceleration/ percepatan dan decceleration /perlambatan. motor bergetar seperti mendorong beban atau menahan beban berat. pada saat motor sudah berputar motor berputar dengan halus.padahal data motor yang diinput ke inverter sudah benar.
    mohon bantuan pencerahan.
    salam kurniawan
    email : kurniawanmadina@yahoo.co.id
  32. soemarno on October 1st, 2009 11:57 pm
    Mas Kurniawan.Trima kasih tulisan yg sgtdetail hal pompa pemadam.soal getar saya tidak tahu pasti, krn harusnya investigasi langsung. Ada hal yg ingin dtulis, inverter adl pengubah frequensi utk starting dan membuat putaran motor sesuai dgn kebutuhan pompa,sehingga menghemat listrik. Biasany setiap mesin rotatingmempunyai”criticalspeed”, yaitu speed dimana terjadi resonansi.tandanya terjadi vibrasi besar, jika sudah melampaui speed tsb vibrasi hilang dan menjadi halus, critspeed ini bisa dua kali atau lebih (mesin put tinggi). maka critical speed harus dilewati secepatnya.
  33. kurniawan on October 18th, 2009 1:31 pm
    Terimakasih Pak Soemarno . atas responnya.saya telah menemukan jawabannya mengapa motor saya bergetar/vibrasi pada saat acc. atau dec. Ternyata masalahnya ada pada setting I 0(nol) atau Arus pada saat tanpa beban pada Inverter. setting arusnya ketinggian padahal menurut manual book arusnya sekitar 30% sampai 70 % dari I R(rate) menurut nameplate (dimesin tercatat 12A) jadi settingan I0 = 4 A. saya experimen arus I0 saya kecilkan sampai 1A hasilnya vibrasi berkurang.. saya lanjutkan I0 saya kecilkan sampai 0.5 A hasilnya vibrasi hilang motor tidak panas. demikian pak untuk penjelasan penyebabnya mohon diberi pencerahan. Terimakasih
    salam kurniawan
  34. syach on October 20th, 2009 4:03 am
    pak, salam kenal, saya punya masalah pada contactor star-delta selalu terbakar, pompa saya 11 kw, awalnya star-delta pakai 25A dan terbakar, setelah itu pakai 32A setelah pemakaian 6 jam terbakar juga, saya sudah cek rangkaiannya dan benar tidak ada yang short, saya mohon petujuk bapak dalam masalah ini, sebelum dan sesudah terimakasih
    Syach
  35. anjar on October 21st, 2009 3:30 pm
    terima kasih pak kurniawan atas penjelasanya,penjelasan bpk sngt bermanfaat&membantu saya!sekali lg terima kasih pak
  36. arapi on October 25th, 2009 12:34 pm
    salam knal pak,. saya mau tanya tntang prinsir kerja motor 3 phase,. pertanyaan saya adalah apakah bisa motor 3 pahse dijalankan dengan sumber 1 phase.?
    mohon jawabannya dan penjelasannya.
    terimakasih.
  37. kurniawan on October 30th, 2009 3:03 am
    salam, pak .. pertanyaan pak mungkin .berapa daya motor minimal untuk penggunaan kontrol star delta yang efektif. terima kasih atas jawabannya .salam
    Jawab: dengan rumus listrik bisa dihitung berapa keuntungan listrik bisa dihemat dan berapa harga tambahan utk star delta. bandingkan.
  38. rendi on November 2nd, 2009 5:58 pm
    pak: apa untung dan rugi start delta dan y
    Jawab: untungnya arus start lebih kecil, jika di akumulativekan bisa menghemat. coba dihitumng2 secara matematis, ruginya ada sedikit tambahan invest.
  39. yuda on November 12th, 2009 1:23 am
    salam kenal pak, saya mau nanya jenis gangguan pada mtor sinkro itu apa aj?
    dan cara penanganannya?
    terima kasi.
  40. ujang riwayat on November 13th, 2009 3:45 am
    Salam kenal pak…. Bagaimana urutan cara pengecheckan secara electik untuk motot 3 fasa ,dimana motor tersebut cepat panas.Apakah betul bisa diukur dengan menggunakan Tang Ampere dari tiap kabel fasanya,demikian pertanyaan saya,terima kasih sebelumnya dan kami tunggu jawaban khabar baiknya,terima kasih ujang r
    jawab:
    ukur dgn tangampere, bandingkan dgn yg tertulis di nameplate. juga apa ada kemungkinan penyebab lain.
  41. ronggo on November 16th, 2009 1:55 am
    Assalamualaikum Pak,
    Wah semoga tetap sehat selalu. Mau tanya nih Pak, dan sharing. Dalam pengalaman bapak adakah vibrasi motor karena pengaruh harmnonisa listrik - salah satu gangguan di kualitas tenaga listrik.
    Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. regards,
    Jawab: betul banget kwalitas kualitas supply listrik (al harmonisa) juga merupakan penyebab vibrasi.
  42. ronggo on November 16th, 2009 10:42 am
    Wah matur suwun pak jawabnya.
    Yang mau saya tanya, bagaimana karakteristik vibrasi karena harmonisa, seperti mm/s. Apakah biasanya vibrasi karena harmonisa ini diketahui pada akhir2 solusi (karena root cause dari pompa dan drivernya gak ada masalah)
    Pendapat saya adalah sangat jarang sekali power quality analyzer di plant. Mohon petunjuk dan sharing nya.
    Sugeng ndalu Pak Soemarno. Pareenngg
  43. Fathoni Wangsadrana on November 28th, 2009 12:13 pm
    Salam kenal Pak Soemarno… maaf Pak saya ada sedikit pertanyaan apakah ada rumus untuk menentukan diameter kawat, jumlah lilitan dan alur lilitan pada saat akan melilit motor listrik tiga fasa… dari stator kosong? besar harapan saya untuk mendapat jawabannya.. terima kasih
    Jawab:
    maaf, tentu ada; belum sempat menulis, karena cukup panjang. rumus2 yg dipakai al R ,I ,V ,W, tahanan jenis kawat, penampang kawat, jumlah slot, luasan slot.
  44. RUDI on December 3rd, 2009 2:53 am
    salam kenal, minta gambar kontrol motor sederhana dong,,,
  45. andri on December 5th, 2009 6:39 pm
    Salam kenal Pak….saya ingin belajar untuk motor-motor listrik DC dan AC. ingin sedikit memahami rumusnya juga…dan juga cara perawatannya pak….serta standart untuk pengukuran Merger itu rumusnya bagaimana pak ya….seta cara pengukurannya…karena kemarin adamasalah di di kerjaan pada motor 2000KW ( DC) terjadi short body yang tidak terdeteksi. sebelumnyya sudah di merger 0,3 tetap aja dijalankan.maaf ni pak newbie alias katrok…. mohon saran, petunjuk, serta masukannya dari bapak….kirim email saya: afdi_yandri@yahoo.com
    Jawab:
    coba di baca di tulisan “test motor listrik” nanti kalau kurang jelas bisa tanya lagi.
  46. arif on December 18th, 2009 10:35 am
    pak..saya ingin bertanya mengenai motor listrik pada mesin cuci. apa penyebab motor tersebut tidak mau berputar padahal saya sudah mengganti kapasitornya(baru)dan juga pada motornya mengeluarkan panas yang berlebihan
  47. Budi on December 27th, 2009 2:10 pm
    Pak saya mau tanya saya punya ac split tetapi indoor motor kipasnya lemah saya sudah cabut kabel motor listriknya lalu saya pake penaik tegangan sampe 240volt tetapi putaran kipasnya tidak terlalu beda cuma lebih cepat dikit nah saya mohon petunjuknya bagaimana menaikan kecepatan kipasnya hingga maximum apakah gulung ulang tembaganya trims pak
  48. hendri on January 4th, 2010 4:56 am
    salam kenal pak, saya mau tanya dari kerusakan diatas cara penanggulangannya bagaimana ya? terima kasih.
    Jawab:
    Dalam artikel sudah disebutkan sebab2, maka solfingnya dengan mengatasi/mnecegah/meniliniate.
  49. Dadang Sutarman on January 18th, 2010 8:24 am
    aslmkm?pa saya mw buat mesin buat ROL as diameternya 12,tapi saya mw si motornya bisa diatur kecepatannya..saya mw pake motor 3 fasa 1hp kira2 cukup ga ya?dan saya minta tolong kira2 pakai komponen apa agar si motor bisa di atur kecepatannya,,mohon bantuannya?
  50. Wita on February 5th, 2010 3:59 am
    Pagi Pak, saya mau tanya…sudah 2 hari ini kalau saya pakai motor lebih dari 30 menit (non stop)..mesin tiba2 mati, mw saya engkol..engkolnya jadi keras banget..mau di starter..starter nya gak mau hidup, malah mengeluarkan bunyi2 aneh.
    Jawab: maaf ini motor listrik, motor bensin atau mesin diesel?
  51. ali on February 15th, 2010 11:47 pm
    gimana caranya memperbaiki MF 440.yang mengalami kurang tenaga saat beraktivitas
    Jawab: Maaf saya belum tahu MF 440
  52. Anjar on February 22nd, 2010 5:23 am
    Selamat siang pak,saya mau tanya kalau inverter 3phase 220v dipakai untuk motor 3phase 380v apa bisa ya pak?terima kasih atas pencerahanya
    Jawab: yang paling pas adalah baca buku manual atau tanya ke pabriknya. sebagai pedoman alat listrik jika dipasang di voltage > maka arus >, jadi mungkin bissa terbakar.
  53. petro on March 31st, 2010 2:48 am
    mohon pencerahan, saya mempunyai vacum pump dengan daya 750watt listrik 3 phase sedangkan dirumah saya listriknya 1 phase daya 2200watt. bagaimana cara merubah listriknya? terimakasih.
    Jawab: lkalau dihitung jangka panjang, listrik lebih hemat beli motor satu fase..
  54. iskak on May 22nd, 2010 4:44 am
    aslkm,pak untuk melihat data motor listrik tanpa beban dimana? jika di nameplate tidak ada.motor listrik saya 30 HP.
    Jawab: tanpa beban plingtdk dinyatakan dgn Io (I nol) juga dii name plate.
  55. wahyu on May 28th, 2010 8:44 am
    Selamat siang pak, saya mau tanya: Di pt.saya punya motor 125 kw- 380Vac untuk blower menggunakan soft start Telemecanique type ATS23..ada masalh di soft start nya,sekarang langsung start tanpa Soft start Arus normal pemakaian antara 125-175 ampere yang saya mau tanyakan :
    1.Bahayakah kondisi mtr tersebut kalau dijlnkan tanpa Softstart.
    2.Kalau bisa dijalankan scr langsung pengamanapa yg perlu saya pasang ( berapa setting amannya ACB / OL treima kasih.
    Jawab: softstarting utk usahakan arus start kecil, jika direct arus mula besar (5-7kali I normal) jika yg digerakan blower tdk terlalu masalah. tidak bahaya. mungkin mengganggu alat listrik lain. saat start ada voltage droop sebentar atau breaker trip. tenggang waktu start dgn start hrus ada waktu cukup utk dinginkan winding (lihat articel di web ini)
  56. Abdul on June 3rd, 2010 6:30 am
    Gimana cara merger motor listrik 3 phasa, dan standard nilai acuan hasil pengukuran motor listrik 3 phasa menggunakan Megger.
    Trimakasih..
  57. anjar on August 9th, 2010 1:54 pm
    slm knl pak,saya mau tanya bagaimana caranya cek kerusakan bearing pada motor 15kw?
    jawab: bisa dgn alat vibrasi. kalau nggak ada bisa dgn suara, bunyi, getarannya, dan panasnya dll.
  58. anjar on August 9th, 2010 1:56 pm
    slm knl pak,saya mau tanya bagaimana caranya cek kerusakan bearing pada motor 15kw? yg ke2 dimn saya bisa mendapatkan wiring diagram sebuah mesin pak?trima kasih atas jawaban nya pak!
  59. anjar on August 16th, 2010 3:57 pm
    satu pertanyaan lagi pak,dimn saya bisa mendaptkan sebuah wiring diagram dari sebuah mesin?mungkin bisa website pak?trimakasih atas jawabanya pak!
    jawab:
    shrusnya ke pembuat mesin, coba ke internet. nama pembuat, mesin apa,type mesin/specifikasi
  60. 3ps on September 13th, 2010 10:22 am
    Salam kenal pak, apakah mengalirkan listrik(menghidupkan pompa air) tanpa rotor bisa membuat lilitan terbakar? Nb: pompa saya bongkar tinggal stator trus di hidupkan untuk cek listrik tapi beberapa detik kemudian berasap. Terima kasih
    jawab:
    motor jalan tanpa beban itu tidak masalh. yg berasap itu sebelah mana? bearing atau winding?
  61. ojax on September 21st, 2010 9:23 am
    pak, kmrin saya mencoba untuk menservis motor listrik 5 fase. Motor steper, 1.4A, dc 2.27v. Karena motor ini terlalu panas. Dan putaranya kurg stabil. Setelah di cek, ternyata suspek pertamanya dari bearingny yg udah stuck. Saya ganti bearing untuk dpan belakangny. Setlah smuany saya pastikn udah beres. Saya kembli memasang cover mtor tsbut. Tapi saya coba putar sndri poros mtor. Trnyta tdak se mulus sebelum saya bongkar. Saya udh berulang2 memastikan tdak ada yg salah. Tolg pencrahany pak. Trims
    jawab; jika bearing sdh dipastikan. mungkin hanya pengaruh magnit rotor & stator. is ok
  62. ifan on September 29th, 2010 6:54 pm
    Salam kenal pak, saya mau tanya tentang permasalahan yang pernah saya alami. saya punya motor teco 7,5 kw sering trip. check current R S T sampai 29 ampere (motor sudah tanpa beban dan di un-couple). saya cek tegangan supplynya enggak ada masalah ( 380 V ). dan untuk megger phase-phase dan phase- ground rata2 di atas 200Mohm, hasil megger kabel juga masih bagus. kira penyebab overloadnya apa pak?. mohon pencerahannya. salam sukses IRfan
    Jawab:
    trip krn overload. ukur ampere beban (bandingkan dgn ampre nameplate) sebab: electric,( R isolasi rendah,under capasity,seting reley terlalu rendah), mekanis.(bearing,beban over, rotor mesin yg digerakan seret dll). jika kurang jelas, berikan data/indikasi yg detail.
  63. Setiyo Hartono on October 11th, 2010 4:48 pm
    Salam kenal, Pak, ini saya dari Jogja, mau tanya cara melilit angker motor blender, dg jumlah alur 12 dan komutatornya 12. Jumlah kawat per alurnya berapa dan langkah melilitnya bagaimana, terimakasih.
    jawab:
    Mas sebaiknya sebelum membongkar, dihtung dulu berapa peralur, berapa besar kawat, maaf tdk bisa menjawab karena panjang dan data kurang.
  64. iwan on November 7th, 2010 12:58 pm
    salam kenal pa, saya dari bandung, kebetulan bekerja sebagai teknisi di sebuah perusahaan tekxtile. terkait masalah motor saya mo tanya ..mungkin ga motor bisa rusak yang di akibatkan mati listrik yang mendadak,karana di tempat saya bekerja kadang kala terjadi mati listrik secara mendadak dari PLN nya. thk
    Jawab:
    Listrik mati ya motor berhenti, gak apa2. yang bisa merusak jika tegangn/voltage sering naik-turun.
  65. Bimo Aji on April 27th, 2011 2:27 pm
    Dengan Hormat, Pak,pertanyaan saya kalo arus beban kosong elmo 3 fasa / Io itu rata2 berapa ya.?
    Jawab:
    beban kosong=no load current, dpt dilihat di name plate motor. (kira2 1/5 dari full load current). dan arus start kira2 5x full load current.
  66. Deddy on May 14th, 2011 9:08 am
    Mohon info tentang beda arus tiap fasa yang diijinkan pada motor 3 fasa pada solo run test n full load test. Apa harus kurang lbh 10% pada name plate. Sekedar info motor sudah rewinding dan insulated test diatas 1000 mega. Trimakasih
    Jawab:
    sebaiknya beda antar fase sekecil mungkin terutama saat full load (seperti yg di tulisan di blok),
  67. sofyantoro on May 26th, 2011 10:42 pm
    Selamat malam bapak,mw nanya nih?motor boiler feed pump ditempat saya bekerja vibrasinya tinggi sekali mencapai 7-8mm/s padahal untuk Data alignmentnya sudah bagus 0,02mm.menurut bapak bgaimana Cara untuk mngatasi masalah ini pak?terima kasih atas bantuannya?
  68. soemarno on May 27th, 2011 1:18 pm
    jawab utk P Sofyantoro, peyebab vibrasi al:
    rotor unbalance/bend,bearing,coupling, pipe strain, alignment dll. data bagus diatas sepertinya cold alignment. jika pompa runing kondisi berubah karena panas, kondisi menjadi misalignment. apakah pernah diukur temperatur setelah running? utk memahami lebih dalam perlu baca buku alignment.
  69. Rudy Fahmi on June 1st, 2011 5:57 am
    salam kenal pak, saya mau tanya tetntang permasalahan pada motor konveyer yang terbakar.data motor 200 kW/380V/360 A/50 Hz. beberapa waktu lalu motor tersebut tidak bisa running, indikasi pada inverter A1000 Yaskawa ‘ground Fault’, setelah diukur ternyata lilitan U dan Ground hanya 14,7 kOhm. dan secara fisik lilitan memang terbakar pada lilitan U dekat terminal Bolt. pemakaian beban 95 % dari effisiensi motor. yang mau saya tanyakan apa penyebab dari terbakarnya motor tersebut (untuk lilitan antar phasenya bagus >450 Mohm.terimakasih
    jawab:
    penyebab motor terbakar banyak sekali, tetapi dari crita itu mungkin disebabkan oleh lose conection, sambungan terminal ke kabel tidak sempurna (atau semacam itu). jika atar fase masih baik terminal bisa diperbaiki, mungkin motor bisa normal.
  70. ervin on June 23rd, 2011 1:54 pm
    pak saya mau tanya kenapa ya motor saya 3ph 30 KW koneksi star delta, pada saat running continoes tiba2 arus naik turun (tidak stabil), sehingga over load trip. Naik turunnya arus tsb tidak menentu, kadang kecil kadang besar (sampai seperti arus startnya). Saya sudah cek di kontaktor normal semua, saya ganti dengan kontaktor lain yang normal juga masih sama terjadi masalah. Mohon bantuan penyelesaiannya pak. Terimaksih
    Jawab: kalau saya melihat langsung mungkin bisa memberi jwaban yg agak tepat, coba ;
    1 apakah kondisi mesin yg digerakan normal atau ada kerusakan. atau beban naik/utrun
    2.apakah kopling tersambung dgn baik (axial clearence, alignment, dll) atau kopling rusak.
    3.apakah kindisi motor itu juga baik.
  71. djamiat sadini on July 9th, 2011 3:47 pm
    halo, salam kenal pak soemarno, saya ingin mempelajari dinamo tiga phasa dari dasar-dasarnya sampai lanjutannya. buku-buku apa saja yang saya perlukan dan saya beli dari pak soemarno agar dapat saya pelajari dari dasar sampai menjadi mahir. saya ini masih belum mengetahui bagaimana dinamo tiga phasa. salam hormat saya
    Jawab:
    sebetulnya jika ingin dari dasar, ya membaca/ mencari/membeli buku2 teknik cari yg mudah dimengerti , pilih bhasa Inggris atau Indonesia, buku2 STM atau yg perti itu di toko2 buku.
  72. Alsen on October 1st, 2011 1:00 pm
    Salam kenal Pak,,, Saya minta tolong pak,,,Byasanya yg mnjd mslh utama saat Over Current pada instalasi listrik untuk motor bntu lampu,,itu apa ya pak..?? & Cara mengatasinya bgmn itu pak..?? Makasih banyak pak,,
    Jawab: Maaf ya kok gak ngerti maksud pertanyaanya.
  73. Harmen on November 2nd, 2011 8:51 am
    Pak, saya punya exhaust fan, putarannya lambat (ketika baru dibeli purannya kencang).ketika saya ganti kapasitornya (1 mokrofarad) menjadi 1,5 mikrofarad,putrannya menjadi kencang lagi. apa fungsi sebenarnya dari kapasitor ini. mungkingkinkah makin besr kapasitor semakin kencang putaran exhaust fan tersebut/.
    Jawab:saya tidak tahu persis masalah mtr tsb, tapi putaran motor induksi itu ditentukan oleh jumlah kutub.
  74. BUDI on November 7th, 2011 8:01 pm
    Salam kenal. Jawaban2 Bapak sangat bermanfaat bagi saya.Pak, saya mau tanya, kalau motor 3 phase 132kW dan motor2 kecil sekitar 5,5kW besarnya persentase arus tanpa beban terhadap arus name plate sama atau beda? Standard-nya berapa persen dari arus full load/ name plate. Terima kasih banyak atas jawabannya.
    Jawab:
    biasanya adatertulis di nameplate atau data sheet motor dan ada artikel di web ini adacontoh Data sheet. kira sbb: misal rated current 100 A, arus start bisa mencapai 5-7 kalinya, arus noload 1/5 kali.
  75. andika on November 15th, 2011 8:45 am
    Pak saya mau tanya saya memiliki spesifikasi current motor 130,3 A sedangkan hasil pengukuran R/S/T = 38,04/40/37,6 menurut bapak bagaimana cara menganalisa hasil pengukuran tersebut dan ada standardnya tidak lebih kurangnya berapa?
    jawab:
    datasheet/nameplate ada I=130,3A, ada V=…? hub delta atau star, dpt dihitung R lilitan/phase. nah anda sdh tahu jawabanya.
  76. sony on November 26th, 2011 9:47 pm
    salam kenal pak, mau tanya untuk menentukan standar noise,vibrasi & ampere motor yang diijinkan agar motor tetap running berapa pak.terima kasih
  77. agus on November 29th, 2011 11:59 am
    pak saya mau tanya apa kelebihan dan kekurangan dan memakai motor listrik 1 fasa dan 3 fasa ? terimakasih
    jawab: motor 3 phase dgn konstruksi kompak/kecil daya 3x motor 1 phase, makanya motor 1 phase hanya utk yg kecil2 kw atau hp
  78. anwar on December 23rd, 2011 2:44 pm
    ass…slm knl pak sumarno…..sya ada mslah tntang crain NH HOIST …knpa pak ya shbis speed 2 trus tmbolny sya lpas mtor long travel kok nylonong bae pak ya…tpi dsaat sped 1 breakny bsa bkrja…Apa stingan acclerasi inverterny / deccelerasiny atau mslh timerny pak… Nywon tlng jwbne pak nggeh…
    jawab: saya tdk bisa jawab secara tepat, karena tdk tahu persis crane nya. mungkin seting magnetic perlu di ajust.
  79. ario setyo on December 25th, 2011 7:17 pm
    selamat sore p,soemarno. pak kenapa kok motor 3 phase di bwh 10 kw koneksi starnya dari dalam motor dibandingkan yg d atas 10 kw koneksi star deltnya terpisah dg perlengkapan kontaktor. Terima kasih
    jawab: motor besar bisa diatur start star/delta utk memperkecil arus. dan yg kecil dianggap tdk perlu.
  80. Muhammad bahrudin on February 15th, 2012 11:44 pm
    salam pak soemarmo, pak, apa. Perbedaan motor AC dan DC ??
    Jawab: Motor AC memerlukan arus/listrik AC (mis dari PLN), motor DC memerlukan arus DC/searah (misal batery, gen DC)