Posts

Showing posts from March, 2012

CARA MENENTUKAN AMPERE pada KOMPRESOR

Dokumen ini Dibuat atas permintaan teman di Grup dan bertujuan agar temen2 lain juga dpt mengerti; Pada tabel Konversi satuan daya : 1HP = 745,7 Watt = 0,746 kW . 1HP (Inggris) = 1,014 PK (Belanda) NB:Kita di Indo sudah biasa menyamakan 1 HP = 1 PK. Untuk single phase (1 phase) 220 V : 1 hp = 745,7 watt : 220 V = 3,39 Ampere. Untuk 3 phase 380 V : 1 hp = 745,7 watt : (380×1,73) = 1,13 Ampere. bilangan 1,73 berasal dari (√3 x Cos ρ) Dengan catatan semua perhitungan dengan menganggap Cos phi (ρ) nya = 1 (satu). Jadi kesimpulan Kompresor Menurut rumusnya adalah : 1 phase (fasa) 1 PK = 3,39A 1/2pk = 1,69A 1/4pk = 0,84A 1/6pk = 0,56A 1/8pk = 0,42A 3 Phase 1 PK = 1,13A 1/2pk = 0,58A 1/4pk = 0,28A 1/6pk = 0,18A 1/8pk = 0,14A Contoh barang2 dengan motor penggerak 1 Phase : Pompa air, kipas angin, kompresor AC dibawah 3HP & kulkas, mixer, hair dryer, dsb. Motor Induksi 3 Phase umumnya dipakai pada Industri : Hoist C

beberapa cara Pengisian Freon AC Mobil Yang Benar menurut Sharing

Berapa kali ngisi Freon di tukang ac, hasilnya kurang maximal. Setelah ngubek2x di Google, akhirnya bisa disimpulkan cara mengisi Freon R12 yang benar. Sediakan alat 1. manifold gauge (alat pembaca tekanan rendah dan tinggi) 2. tabung Freon R12. Perhatikan langkah berikut. 1. Pada Manifold Gauge, terdapat 3 selang. Warna kuning yang di tengah terhubung ke Tabung Freon, Warna Biru terhubung ke Low Pressure Pentil (Pentil yang dekat dengan selang ac yg dingin saat ac dinyalakan), dan selang terakhir berwarna merah terhubung ke High Pressure Pentil (selang yg menuju kondenser di bagian depan mobil, yg biasanya dekat dengan radiator dan juga didinginkan dengan kipas elektrik). 2. Pastikan semua valve dalam keadaan tertutup, lalu hubungkan tiap selang ke portnya masing2x. 3. Buka sedikit valve dari tabung, lalu longgarkan sedikit mur selang kuning yang menempel ke Manifold gauge. Tunggu sampai terdengar bunyi Hiss selama 4 detik. Tujuannya untuk membuang udara yang ada d