Jumat, 30 Maret 2012

Cara mengisi Freon pada Kulkas

mengisi freon pada kulkas berbeda dengan cara mengisi freon pada Air conditioner/AC. Pengisian freon pada kulkas perlu ketelitian karena pada kulkas terdapat pipa kapiler yang ukurannya lebih kecil di bandingkan pipa kapiler pada AC. karena apabila salah dalam pengisian freon pada kulkas dapat mengakibatkan kebuntuan dan alhasil kulkas akan kur...ang dingin dan benda yang dimasukan ke evaporator tidak dapat membeku.
Untuk melakukan cara pengisian freon pada kulkas sesuai prosedur adalah sebagai berikut dan alat-alat yang diperlukan adalah:
  1. Freon kulkas R134a
  2. Tang Ampere
  3. Mesin vakum (apabila tidak mempunyai mesin vakum, dapat memvakum melalui pipa strainer/saringan)
  4. Manifold gauge
  5. Mesin Las Tabung Hi-Cook
  6. Pentin (untuk mengisi Freon)
Cara Pengisian Freon:
  1. Las pentil pada pipa yang terdapat di kompresor, biasanya ditandai dengan pipa pendek yang tidak terhubung kesistem kulkas.
  2. Setelah Pentil terpasang ,pasang selang manifold warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon R134a.
  3. dalam pengisian Freon kompresor harus dalam keadaan hidup dan tekanan harus di bawah 0 s/d -30psi yang sebelumnya telah divakum terlebih dahulu, kalau tidak kulkas tidak akan dingin.
  4. Setelah selang semua terpasang selain selang warna merah, buka keran pada tabung freon hingga penuh.
  5. kemudian pasang tang ampere pada salah satu kabel yang menuju overload kompresor dan biasanya angka menunjukan dibawah arus yang terdapat pada body kompresor, misanya pada 0,70A sebelum di isi freon sekitar 0,4A.
  6. buka keran manifold warna biru secara perlahan-lahan jangan sampai melebihi 10psi. saat sambil mengisi freon sambil dirasa dengan telapak tangan pada bagian body kulkas, apakah terasa hangat? kalau terasa hangan berarti freon telah berjalan pada sistem kulkas tetapi bila terlalu panas STOP pengisian dan periksa Arus yang terdapat pada tang Ampere.
  7. Setelah angka sudah menunjukan 10psi dan pada tang ampere sudah menunjukan angka yang sesuai pada Spesifikasi pada body kulkas misal 0,7A berarti freon telah selesai di isi dan tutup keran pada manifold, dan bila tekanan sudah maksimal yaitu 10psi tapi angka pada tang ampere menunjukan lebih dari yang tercatat pada body kulkas berarti kompresor kurang baik atau cek tegangan pada listrik apakah 220V, kalau kurang biasanya ampere akan naik.
  8. Setelah freon telah terisi ke dalam kompresor matikan kulkas guna mengetahui lancar tidaknya sirkulasi freon berjalan, bila kulkas telah dimatikan menunjukan angka 45s/d100psi berarti sirkulasi freon pada kulkas normal dan berjalan lancar.
  9. Setelah mengetahui sirkulasi freon berjalan lancar, hidupkan kembali kulkas tetapi setelah 5s/d10menit saat kulkas di matikan. ini aturan pabrik pembuatan kompresor.
  10. Bila pada evaporator telah terasa dingin, jepit pipa pada pentil dan potong kemudian dilas sampai Freon tidak keluar lagi atau bocor. di sarankan menjepit pakai penjepit khusus pipa tembaga, jangan menggunakan tang biasa kadang bisa terjadi kebocoran pada pipa yang di jepit alhasil freon akan terbuang.
  11. setelah pipa dilas dan manifold tidak terhubung lagi ke sistem kulkas, guna mengetahui berkurang tidaknya Freon dapat di lihat dari tang ampere. biasanya kalau freon berkurang angka pada tang ampere juga ikut berkurang biasanya masih ada kebocoran.kalau freon berkurang harus di isi lagi dari awal yaitu pemakuman. atau sebaiknya untuk pemula pentil jangan dipotong dulu guna kalau terjadi kurangnya freon dapat ditambah.
    ******dan akhirnya pengisian freon telah selesai*****
Maka sebab itu, setidaknya harus teliti dan hati-hati dalam pengisian freon kulkas.
mudah-mudahan Rekan-rekan yang ingin belajar dapat memahaminya.
SELAMAT MENCOBA
MUDAH-MUDAHAN BERHASIL

Salam sukses buat semua.......