Pengenalan Komponen

modal dasar dari semua teknisi di bidang elektronika. Tanpa pengatahuan tsb, maka kita tidak bisa bekerja.
Berikut sedikit info tentang komponen secara secara umum (sepengetahuan saya saja, jadi mohon koreksi dari para master elektronika).




# RESISTOR / biasa disebut R

Adalah jenis komponen yang fungsi umumnya sebagai penahan / hambatan. Ada juga yang sebagai jembatan{penhubung} dalam rangkaian.
Jenis-jenisnya adalah ada Resistor arang, Resistor metal film, Resistor dari filamen. 

# CAPASITOR/ KONDENSATOR.

Adalah komponen yang fungsi umumnya sebagai penampung arus atau tegangan, kadang sebagai penghubung / penerus sinyal (kopel). Macamnyapun ada kapasitor keramik, kondensator tantalum, kondensator kertas dan kondensator elektrolit (ELCO).

TRANSISTOR

Fungsi umumnya adalah sebagai penguat. Tapi sebenarnya banyak sekali fungsi-2 dari komponen yang satu ini. Jenis dan macamnyapun banyak sekali, tapi gak usah kuatir nanti lama-lama akan tahu berbagai macam dan jenis transistor. Transistor amatlah vital dalam rangkaian elektronik karena tanpa transistor maka peralatan elektronik tidak akan bisa bekerja. Tapi transistor tanpa komponen pendukung lainnya, juga tidak akan bisa membuat rangkaian itu bakerja.
Secara umun ada dua jenis transistor yaitu jenis NPN dan PNP.

TRAVO / TRANFORMATOR

Adalah jenis komponen yang fungsi umunya adalah sebagai pengatur / pengubah tegangan dari besar menjadi kecil. Travo banyak digunakan untuk  menurunkan tegangan dari 220 menjadi mis: 6v, 12v, 24v atau lebih besar lagi. Macam-macamnya ada travo yang berinti besi dan ada yang berinti ferit.

DIODA / SILIKON

Komponen ini mempunyai funsi umum sebagai penyearah arus / tegangan dari AC (bolak balik) menjadi DC (searah). Ada juga yang berfungsi sebagai pembatas tegangan (disebut dioda zener). Jenisnya yaitu ada dioda silikon dan dioda germanium.

IC (Integrated Circuit) 

Untuk komponen yang satu ini fungsi, macam dan jenisnya sangat banyak. Tapi jangan menyerah dulu nanti bisa dipelajari sedikit demi sedikit sambil berjalan. IC sebenarnya adalah sebuah rangkaian elektronik yang setengah jadi. Di dalam IC sudah terdapat beberapa komponen (mis: transistor kapasitor resistor dll) yang oleh pabrik pembuatnya dirakit lalu dicetak sedemikian rupa sehingga jika kita menggunakanya hanya perlu menambah beberapa komponen pendukung. Tentunya tergantung macam apa rangkaian itu. Ciri-ciri umum dari IC adalah kakinya ada banyak namun ad juga IC yang kakinya cuma tiga atau dua (tertentu saja).

???
Lalu  komponen apalagi yaa?
Jadi bingung juga saya. Tapi mudah-mudahah aja sedikit penjelasan saya ini bisa jadi dasar anda melangkah ke pengetahuan yang lebih banyak lagi dan Insya Alloh lain kali disambung lagi.
Dan untuk cara membaca atau mengetahui nilai-nilai komponen ada  di tempat ini.


O yaa berhati-hatilah menggunakan peralatan yang memakai tenaga listrik.!

Comments

Popular posts from this blog

1 kva Berapa Amper ?

CARA MENENTUKAN AMPERE pada KOMPRESOR

CARA/SKEMA MENGGULUNG DINAMO POMPA AIR