iwan service kediri

Cara memperbaiki Lemari Es / Kulkas

iwan service kediriApabila lemari es di rumah anda tidak bisa dingin maka solusinya adalah seperti berikut ini:
Bagian  yang pertama yang harus  diperiksa adalah apakah lampu penerangan ruang kulkas, saat pintu ruangan kulkas dibuka, menyala atau  padam. Apakah menyala ?
Kalau tidak menyala, maka berarti listrik tidak masuk ke kulkas anda, bisa karena steker kulkas tidak masuk dengan benar ke stop kontaknya. Periksa dan perbaiki.


Kalau ya menyala, berarti listrik sudah masuk ke kulkas dan sekarang dengarkan atau pegang dengan lap, kompresornya, yaitu bagian yang berwarna hitam, berbentuk silinder besar, di belakang kulkas.

Kalau tidak ada suara atau getaran, berarti tegangan listrik tidak masuk ke motor kompresor kulkas anda. Bisa karena motor Timer tidak bekerja (kalau kulkasnya sistim No Frost), ada kabel putus antara lain digigit tikus atau Thermostat, yaitu setelan dingin yang ada di dalam ruang kulkas, rusak atau karena sesuatu hal, motor kompresor bermasalah dan diputuskan untuk mencegah semakin rusak dengan Overload Protektor yang berbentuk benjolan, menempel pada kompresor.

Untuk kasus ini, periksa apakah ada kabel yang putus antara lain digigit tikus. Kalau mampu dan mempunyai voltmeter, lepaskan Overload Protektor dan ukur tegangan yang masuk ke kompresor, apakah tegangan masuk atau tidak.

Kalau tegangan tidak masuk, periksa Timernya dan Thermostatnya atau hubung singkatkan dahulu secara langsung untuk pemeriksaan dan kalau kompresor bekerja, itu berarti Timer atau Thermostat tidak bekerja dan harus diganti.

Kalau ada suara dan getaran, namun tetap tidak dingin, berarti pada sistim tertutupnya, ada kebocoran, sehingga Freon, bahan yang fungsinya mendinginkan Evaporator, habis.

Untuk kasus ini, maka tidak ada jalan lain, harus membawa lemari es kita ke tukang servis profesional. Sebab kalau kita tangani sendiri bisa bisa  kerusakannya justru lebih parah. Betul kan ??





Gambar lengkap bagian-bagian Kulkas

Comments

Popular posts from this blog

1 kva Berapa Amper ?

CARA MENENTUKAN AMPERE pada KOMPRESOR

CARA/SKEMA MENGGULUNG DINAMO POMPA AIR