Rabu, 22 Februari 2012

Cara memperbaiki Mesin Cuci

Pada kesempatan ini akan saya sampaikan kasus kerusakan yang sering terjadi pada mesin cuci yang sering dikeluhkan oleh pemakai mesin cuci dan langkah-langkah memperbaikinya.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum memulai pemeriksaan atau perbaikan, terlebih dahulu putuskan aliran listrik yang masuk ke mesin cuci dengan cara melepas tusuk kontak /steker ke jala jala listrik!

Masalah : Air tidak mengalir atau bak mesin cuci meluap
Biasanya gejala kerusakan ini disebabkan oleh:
1. Saluran plastik keluar (drain) mengkerut atau rusak.
2. Solenoid pada katup rusak
3. Katup keluar terhalang endapan


4. Timer atau switch untuk permukaan tekanan air rusak.
5. Belt untuk motor penggerak slip atau putus.
6. Pompa macet/rusak

Gambar Konstruksi Mesin Cuci Otomatis dan bagian-bagiannya

Untuk memperbaiki kerusakan dengan penyebab seperti diatas maka lakukan tindakan, pemeriksaan atau langkah-langkah seperti berikut ini:

1. Luruskan saluran atau ganti dengan yang baru jika sudah bocor atau rusak. Seandainya tidak memungkinkan untuk di luruskan ya diganti saja dengan yang baru agar tidak menimbulkan masalah lagi.
2. Perbaiki solenoid bila masih bisa atau ganti dengan yang baru bila sudah rusak parah.
3. Copot katup dan bersihkan endapannya. Setelah endapan bersih biasanya katup langsung bisa berfungsi seperti semula.
4. Ganti timer permukaan atau switch-nya karena unutk timer biasanya agak susah untuk diperbaiki secara bongkar onderdil.
5. Belt harus dikencangkan bila belum terlalu molor atau diganti saja dengan yang baru yang ukurannya sam persis dengan aslinya.
6. Bongkarlah pompa dan ganti bagian yang rusak (seal, sudu penggerak, atau sambungan listriknya) jika masih memungkinkan. Jika sudah rusak terbakar maka harus dililit ulang sendiri atau dibawa ke tukang servis profesional ahli gulung motor.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.